Kamis, 18 Agustus 2016

KISAH KYAI IMAM HAMBALI ARIFIN: PENDIRI DZIKRUL FATIHIN (PAKISREJO, SRENGAT, BLITAR)



Oleh: Arif Muzayin Shofwan

Kyai Imam Hambali Arifin merupakan seorang ulama ahli tasawuf pendiri Majelis Dzikrul Fatihin yang bermukim di Pakisrejo, Srengat, Blitar. Beliau merupakan seorang ulama yang memiliki hobi berziarah ke makam-makam para ulama, auliya, dan semacamnya. Beliau merupakan murid Kyai Raden Abdul Fattah Pondok Pesantren Menara Al-Fattah, Mangunsari, Tulungagung, Jawa Timur.
Setelah Kyai Imam Hambali Arifin menyelesaikan studi di Pondok Pesantren Menara Al-Fattah dibawah bimbingan Kyai Raden Abdul Fattah Mangunsari-Tulungagung, beliau kemudian mengembara dan melakukan riyadhoh-riyadhoh di “Makam Auliya Batu Ampar”, Sampang-Madura selama 20 tahun. Konon yang banyak beliau makan selama 20 tahun di areal makam tersebut adalah buah Bentis (buah Pace) yang baunya sangat menusuk hidung.
Dikisahkan pula bahwa Kyai Imam Hambali Arifin pergi dari Srengat-Blitar ke “Makam Auliya Batu Ampar”, Sampang, Madura, hanya dengan berjalan kaki. Kemudian, setelah 20 tahun di Sampang-Madura, lalu beliau pulang ke Pakisrejo-Srengat-Blitar pun juga dengan berjalan kaki. Makanya, Kyai Imam Hambali Arifin selalu menganjurkan santri-santrinya apabila ke Batu Ampar (Sampang-Madura) hendaknya berjalan kaki dan diniati riyadloh atau tirakat.
Sesampai di Srengat-Blitar, Kyai Imam Hambali Arifin kemudian membuka sebuah pengajaran pendidikan Islam yang lebih ditekankan pada ilmu tasawuf kepada para santri dan warga sekitar. Selain itu, Kyai Imam Hambali Arifin juga mengembangkan bacaan-bacaan amalan “Dzikrul Fatihin” yang berisi lafadz-lafadz dzikir sebagai berikut:
1.    Surat Al-Fatihah 41x (empat puluh satu kali)
2.    Surat Al-Ihlas 11x (sebelas kali)
3.    Surat Al-Falaq 11x (sebelas kali)
4.    Surat An-Nass 11x (sebelas kali)
5.    Istighfar 100x (seratus kali)
6.    Shalawat Nabi 100x (seratus kali)
7.    Tasbih 100x (seratus kali)
8.    Tahmid 100x (seratus kali)
9.    Takbir 100x (seratus kali)
10. Tahlil 100x (seratus kali)
11. Laa Ilaaha Illa Anta Subhanaka Innii Kuntu Minad Dholimin 100x (seratus kali)
12. Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah 100x (seratus kali)
13. Laailahaillallh Al-Malikul Haqqul Mubin, Muhammadur Rasulullah Shodiqul Wa’dil Amiin 100x (seratus kali)
14. Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim 100x (seribu kali)
Biasanya, bacaan Dzikrul Fatihin tersebut dibaca bersama-sama jama’ah di kediaman tempat pengajaran agama Islam di musholla Kyai Imam Hambali Arifin sendiri. Namun terkadang bacaan-bacaan Dzikrul Fatihin di atas, dibaca bersama rombongan jamaah dalam areal makam-makam para ulama dan wali, di antaranya: di Makam Auliya Mbrebesmili Santren, Bedali, Purokerto, Srengat, Blitar; di areal Makam Mbah Abu Hanifah dan Mbah Hasan Ali, yakni berada di Puncak Gunung Tumpuk, Srengat, Blitar; di areal Makam Mbah Ahmad Cimande yang berada di Kunir, Wonodadi, Blitar; dan tempat-tempat lainnya.
Konon, ketika orang-orang di Blitar akan berziarah ke Batu Ampar (Sampang, Madura), maka Mbah Kyai Dimyati bin Hasbulloh (Baran, Selopuro, Blitar) selalu kirim salam kepada Kyai Imam Hambali Arifin. Kata Mbah Kyai Dimyati bin Hasbulloh Baran: “Salamku yo, ning wong sing biasane ngaji ning ngisore Al-Qur’an ning Batu Ampar ko Srengat-Blitar kae” (Salam saya ya, buat orang yang biasanya duduk mengaji dibawah rak Al-Qur’an yang ada di Batu Ampar dari Srengat-Blitar itu). Berikut foto “Makam Auliya Batu Ampar”, di mana Kyai Imam Hambali Arifin melakukan tirakat dan riyadhah selama 20 tahun.

Makam Auliya Batu Ampar Sampang Madura di mana Kyai Imam Hambali Arifin Pakisrejo-Srengat-Blitar bertirakat (melakukan zikir dan wirid) selama 20 tahun.

Saya pernah diajak Bapak Jawoko (Jatimalang-Blitar) sowan kepada Kyai Imam Hambali Arifin di Pakisrejo, Srengat, Blitar. Dari sowan tersebut, Kyai Imam Hambali Arifin berpesan: “Sing okeh lek moco sholawat” (Yang banyak kalau membaca shalawat), dan kata-kata tersebut selalu diulang-ulang. Adapun ciri khas Kyai Imam Hambali Arifin ketika menerima tamu adalah: beliau selalu saja mengucapkan “Alhamdulillah”, artinya segala puji hanya milik Allah semata. Berikut adalah foto Bapak Jawoko (Jatimalang-Blitar) ketika sowan kepada Kyai Imam Hambali Arifin (Pakisrejo-Srengat-Blitar).

Bapak Jawoko Jatimalang-Blitar ketika sowan kepada Kyai Imam Hambali Arifin Pakisrejo-Srengat-Blitar

Selain itu, ada banyak kitab-kitab bernafaskan agama Islam yang sempat saya potret di musholla kediaman Kyai Imam Hambali Arifin yang sering digunakan mengaji para santrinya dan warga sekitar. Ada kitab Sullam Taufik, Kitab Taqrib, Kitab Minhajul Abidin, Kitab Bidayatul Hidayah, Kitab Ihya’ Ulumuddin dan lain sebagainya. Konon ada beberapa kiai yang menjadi badal (pengganti) Kyai Imam Hambali Arifin dalam mengajarkan pelajaran agama, salah satunya adalah Kyai Haji Roihan Gempolkenceng, Srengat, Blitar. Berikut adalah sebagian kitab-kitab yang saya potret dari kediaman Kyai Imam Hambali Arifin.

Beberapa kitab yang digunakan ngaji oleh para santri Kyai Imam Hambali Arifin Pakisrejo-Srengat-Blitar

Demikian sekelumit kisah Kyai Imam Hambali Arifin yang bisa saya tuliskan dalam catatan harian (cahar) ini. Terima kasih kepada Bapak Jawoko yang mengajak saya sowan kepada Kyai Imam Hambali Arifin. Terima kasih kepada Bapak Jawoko yang telah mentraktir saya Rujak Petis dan Es Buah setelah sowan. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Kuasa selalu membalas kebaikan Bapak Jawoko tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin-Amin-Amin Yaa Robbal Alamin. Penulis: Arif Muzayin Shofwan. Alamat: Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Kode Pos. 66171. HP. 085649706399.

3 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  2. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus