Sabtu, 17 Desember 2016

AKSI SOSIAL EHIPASSIKO FAMILY CLUB DI GEREJA ST. YUDAS TADEUS SUMBERINGIN BLITAR



Oleh: Arif Muzayin Shofwan

“Tulislah apapun yang bisa anda tulis, siapa tahu bermanfaat”
(Anonim)

Hari Minggu, 18 Desember 2016, saya ikut aksi sosial berupa pembagian sembako kepada para jompo umat Gereja St. Yudas Tadeus Sumberingin Blitar bersama para anggota Ehipassiko Family Club (EFC). Adalah Ehipassiko Family Club (EFC) merupakan gerakan yang diprakarsai oleh Ehipassiko Foundation dengan visi CINTA KASIH TANPA PILIH KASIH yang diwujudkan melalui misi BAKTI SOSIAL LINTAS AGAMA. Sejak didirikan pada Juli 2012, EFC mengadakan baksos rata-rata 4 kali per minggu di berbagai kota dan desa. Anggota EFC berasal dari segala kalangan, dari anak sampai manula, tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan.

Ya, hari ini Minggu, 18 Desember 2016, saya pertama kali bergabung dengan EFC Blitar, Jawa Timur. Pandita Sugianto Gandhika dan Ibu Eko Sulistyowarni merupakan merupakan beberapa tokoh di Blitar yang menjembatani saya bisa bergabung dengan EFC. Terima kasih buat mereka berdua dan teman-teman lainnya. Ada banyak pelajaran yang saya petik dari aksi sosial EFC di Gereja St. Yudas Tadeus Sumberingin Blitar tersebut. Salah satunya adalah sebelum melakukan aksi sosial, Pandita Sugianto Gandhika yang sering saya panggil “Mas Gi” memberikan buku berjudul “Ehipassiko Family Club Bakti Sosial Lintas Agama” kepada saya. Ada kata-kata beberapa tokoh dunia dalam buku tersebut, di antaranya:

1.    Dalai Lama, Pemimpin Dharma Tibet menyatakan: “Cinta kasih adalah agama saya.”

2.    Mother Theresa, Misionari Cinta Kasih India menyatakan: “Masalah dunia ini dikarenakan kita menggambar pohon keluarga kita terlalu kecil.”

3.    Mahatma Gandhi, Pejuang Kemanusiaan India menyatakan: “Cinta tidak pernah meminta, cinta selalu memberi.”

4.    Mikhail Gorbachev, Pejuang Perdamaian Dunia Uni Soviet mengatakan: “Perdamaian bukanlah persatuan dalam persamaan, namun persatuan dalam perbedaan.”

5.    Nelson Mandela, Pejuang HAM Afrika Selatan mengatakan: “Tidak ada orang yang lahir dengan membenci orang lain karena warna kulit, asal-usul, atau agamanya.”

6.    Kofi Annan, Sekjen PBB Ghana mengatakan: “Toleransi, dialog antarbudaya, dan rasa hormat terhadap perbedaan, makin dibutuhkan di dunia saat ini.”

7.    KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Bapak Pluralisme Indonesia mengatakan: “Tidak penting apa pun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.”

8.    Mpu Tantular, Pujangga Kerukunan Agama abad XIV Majapahit mengatakan: “Beda tapi satu.”

Selain hal di atas, EFC juga memiliki beberapa slogan sebagai berikut: “Unity in Humanity”, artinya bersatu dalam kemanusiaan; dan “Building Universal Family”, artinya kira-kira membangun keluarga yang universal. Yah, saya sangat berterima kasih kepada semua pihak Ehipassiko Family Club (EFC) di manapun berada. Walau mungkin saya masih belum bisa berdana berupa materi, namun setidaknya saya sangat bahagia telah diberi kesempatan untuk berdana berupa tenaga dan pikiran. Mungkin hanya sampai di sini catatan harian saya kali ini. Ada kurang lebihnya, saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Salam damai dalam kemanusian. Salam sejahtera kepada semua makhluk di bumi.

“Sluman, slumun, slamet. Slameto leh ngemongi jiwa raga”

Semoga dalam kondisi apapun selalu selamat sejahtera. Selamat dalam merawat lahir dan batin.

Foto usai baksos di depan Gereja St. Yudas Tadeus Sumberingin Blitar
 
Pengepakan sembako di Vihara Samaggi Jaya Ibu Eko Sulistyowarni dan Enggar Wandoyo
 
Penyerahan sembako kepada para jompo umat Gereja St. Yudas Tadeus Sumberingin Blitar dari Ehipassiko Family Club (EFC) melalui misi "Bhakti Sosial Lintas Agama"


Tentang Penulis

Arif Muzayin Shofwan merupakan pria kelahiran Blitar, Jawa Timur. Pria tersebut hingga kini tetap menekuni dunianya sebagai pembaca, peneliti, pengamat, dan semacamnya. Dia beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09, Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar