Jumat, 02 Desember 2016

SILSILAH MBAH KYAI NUR BESARI (+ NYAI DODOK) KERJEN, SRENGAT, BLITAR YANG TERSIMPAN DI YAYASAN KYAI RADEN MUHAMMAD KASIMAN KOTA BLITAR



Oleh: Arif Muzayin Shofwan

“Tulislah apapun yang bisa Anda tulis, siapa tahu bermanfaat.”
(Anonim)

Hari ini saya ingin menulis sebuah silsilah nasab Kyai Nur Besari (suami Nyai Dodok, Kerjen, Srengat, Blitar) yang mana silsilah tersebut saya dapatkan dari Yayasan Kyai Raden Muhammad Kasiman yang berada di Utara Masjid Agung Kota Blitar, Jawa Timur. Berikut silsilah Kyai Nur Besari (suami Nyai Dodok, Kerjen, Srengat, Blitar) yang sebagian nasab ke atasnya sudah dikoreksi Nyai Raden Ayu Linawati Djojodiningrat dalam buku yang berjudul “Ranji Walisongo Jilid IV, Mengungkap Fakta dan Meluruskan Sejarah” dan disusun bersama Gus Angin:

1.    Sunan Tembayat, berputra:
2.    Raden Ishaq Panembahan Jiwo, berputra:
3.    Panembahan Minang Kabul, berputra;
4.    Pangeran Ragil Kuning, Wonokerto, Ponorogo, berputra:
5.    Pangeran Wongsodriyo, berputra: (1) Kyai Raden Buyut; (2) Kyai Raden Surang; (4) Kyai Raden Nojo Semanding; dan (4) Kyai Raden Moeridi.
6.    Kyai Raden Nojo Semanding, berputra: (1) Kyai Singonoyo Sumending; dan (2) Nyai Putu.
7.    Kyai Singonojo Sumending, berputra: (1) Nyai Donowiyah; (2) Kyai Abdul Ghoni; dan (3) Kyai Donopuro Sumending, guru Kyai Kasan Besari I Ponorogo.
8.    Kyai Abdul Ghoni, berputra: (1) Kyai Hamdani; (2) Nyai Idris; dan (3) Kyai Said.
9.    Kyai Said, berputra:
10. Kyai Nur Besari (suami dari Nyai Dodok Kerjen, Srengat, Blitar. Adapun Nyai Dodok atau Nyai Robiatun merupakan anak dari Mbah Kyai Raden Muhammad Sya’ban yang makamnya berada di arel “Makam Auliya’ Mbrebesmili Santren” Bedali, Purwokerto, Srengat, Blitar.

Adapun Kyai Nur Besari menikah dengan Nyai Dodok (Nyai Robiatun) binti Mbah Kyai Muhammad Sya’ban bin Kyai Muhammad Qosim memiliki beberapa putra-putri, di antaranya:

1.    Kyai Imam Asyhad, pendiri Masjid Sholahul Asyhad Kerjen, Srengat, Blitar.
2.    Nyai Nasibah Kerjen
3.    Nyai Sahirah Kerjen
4.    Kyai Rodjikan Kerjen
5.    Kyai Sahlan Kerjen
6.    Nyai Musikah Kerjen
7.    Kyai Nurjan
8.    Kyai Sahal
9.    Mbah Sikat, berputra: (1) Mbah Isma’il; (2) Mbah Muthi; (3) Mbah Mutini; (4) Mbah Munikah.

Demikian sekilas silsilah nasab Mbah Kyai Nur Besari (+ Nyai Dodok), Kerjen, Srengat, Blitar, yang saya dapatkan dari catatan silsilah di Yayasan Kyai Raden Muhammad Kasiman sebelah Utara Masjid Agung Kota Blitar. Mudah-mudahan silsilah ini berguna bagi siapapun yang membutuhkan. Dan masih banyak lagi sebenarnya silsilah yang harus saya tulis. Namun mungkin ini dulu yang dapat saya lakukan.

“If you can dream it you can do it”
(Jika kamu dapat bermimpi, kamu dapat melakukannya)

“Sluman, slumun, slamet. Selameto lek ngemongi jiwo rogo”
(Semoga dalam situasi dan kondisi apapun mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan. Yakni, selamat dalam mengasuh jiwa dan raga masing-masing)

Makam Mbah Kyai Muhammad Syakban, mertua Mbah Kyai Nur Besari dan ayah Nyai Dodok Kerjen, Srengat, Blitar yang berada di areal "Makam Auliya Mbrebesmili Santren" Bedali, Purwokerto, Srengat, Blitar.
 

Tentang Penulis
Arif Muzayin Shofwan, seorang pria yang berbau kuburan, kijing, maesan, kembang boreh, kembang kanthil, kembang kenongo dan segala macam bau-bauan ini beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Pria yang yang sering dipanggil oleh Kyai Muhammad AP dengan sebutan “Ki Gadhung Melathi” atau “Mbah Pasarean” (karena seringnya berkunjung ke pesarean-pesarean untuk mengkaji sejarah tokoh yang dimakamkan) tersebut dapat dihubungi di nomor HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar