Selasa, 24 Januari 2017

MENGAJUKAN PROPOSAL BORANG S1 FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI) UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA (UNU) BLITAR DI KOPERTAIS SURABAYA



(Dari Kantor UNU Blitar hingga Kopertais Surabaya, 23 Januari 2017)

Oleh: Arif Muzayin Shofwan

Kata guru saya:
“Menulislah! Sesederhana apapun tulisan itu.”
(Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si.)

Setelah proposal borang S1 Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar saya garap bersama kawan-kawan sejak pertemuan tanggal 28 Desember 2016 hingga 23 Januari 2017, maka hari ini, Selasa, 24 Januari 2016 borang tersebut diajukan ke Kopertais Surabaya yang kantornya berada dalam lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Terutama sekali Mas Abid dan Mas Rohman yang banyak berkontribusi dalam pengetikan dan penyusunan borang tersebut. Juga perlu disebutkan di sini, antara lain: Mbak Lussy, Mbak Afifah, dan lain sebagainya. Selanjutnya, ada enam orang yang ikut menghantar borang tersebut ke Kopertais Surabaya, di antaranya: Arif Muzayin Shofwan, Yaomi Tertibi, SH., Puji Wianto, M.Pd., Muhammad Choirul Abidin, S.Pd.I. (selaku Tim dan sopir), KH. Masda’in Rifai Ahyad (Pengasuh Pondok Tahfidzul Qur’an Kunir, Wonodadi, Blitar dan selaku PCNU), dan Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd (selaku Rektor Universitas Nahdlatul Ulama [UNU] Blitar).

Ada empat program studi yang kami ajukan bersama ke Kopertais Surabaya yang kantornya berada di dalam lingkungan UINSA Surabaya tersebut, di antaranya: (1) Al-Akhwal As-Syakhsiyyah atau Hukum Keluarga Islam; (2) Ekonomi Syariah; (3) Perbankan Syariah; dan (4) Komunikasi Penyiaran Islam atau Dakwah Islam. Dalam hati kami, yakni mulai awal perjalanan dari Kantor UNU Blitar pukul 06.00 WIB hingga sampai di sekretariat Kopertais Surabaya selalu teriring doa, mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita dan harapan kami demi terwujudnya empat program studi Fakultas Agama Islam (FAI) UNU Blitar tersebut dikabulkan dan diridhai oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Bahkan hingga kami berenam pulang juga tetap berdoa dengan santai dan penuh kedamaian, mudah-mudahan apa saja yang menjadi harapan kami di Kopertais Surabaya tersebut mendapatkan buah yang manis, lezat, dan amat disukai oleh mereka yang menginginkan. Amin.

Dalam perjalanan pulang dari Kopertais Surabaya tersebut ternyata ada sedikit hambatan di perjalanan. Yaitu mobil Pak Puji Wianto, M.Pd. (wakil Rektor UNU Blitar) yang dipakai untuk rombongan mengalami kerusakan. Namun, kurang lebih selama empat jam kemudian kerusakan tersebut dapat di atasi di sebuah bengkel di Surabaya. Karena kerusakan itu tepat waktu Asyar dan Mangrib, maka kami berenam melakukan shalat jamak qashar di sebuah masjid yang dekat dengan bengkel tersebut. Usai shalat, kami berenam melakukan ritual makan malam dengan dua menu. Pertama, menu tempe penyet dipesan oleh tiga orang, yaitu: Arif Muzayin Shofwan, KH. Masdain Rifai Ahyad, dan Prof. Dr. Zainuddin. Kedua, menu pecel lele goreng dipesan oleh tiga orang pula, yaitu: Muhammad Choirul Abidin, S.Pd.I., Puji Wianto, M.Pd., dan Yaomi Tertibi, SH. Usai ritual makan malam, kami berenam melanjutkan pulang ke Blitar.

Sampai di UNU Blitar kira-kira sudah hampir jam 12 malam. Dalam WA saya kirim pesan dengan ungkapan “Baru Sampai di UNU” ke Group FAI UNU Blitar pukul 23.56 WIB. Saya langsung mengetik apa saja yang bisa saya ketik dalam perjalanan ke Kopertais Surabaya tersebut. Mengingat-ingat apa saja yang saya ingat sebagai bagian dari ritual saya membuat catatan harian (cahar) sembari berdoa: “Mudah-mudahan Tuhan mengabulkan cita-cita atau harapan kami berenam mewakili Tim FAI UNU Blitar ke Kopertais Surabaya tersebut. Amin, amin, amin, Ya Rabbal Alamin.” Mungkin inilah catatan harian (cahar) saya hari ini. Cahar ini saya selesaikan di Kantor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar pukul 01.00 WIB (malam hari) usai merebahkan badan di kursi empuk. Mudah-mudahan catatan harian ini bermanfaat bagi saya pribadi dan para budiman yang ketepatan membacanya. Amin, amin, amin. Ya Rabbal Alamin.

Act good things to clean up the evil deeds
(Berbuatlah amal kebajikan untuk membersihkan kejahatan)

“Sluman, slumun, slamet. Selameto lek ngemongi jiwo rogo”
(Semoga dalam situasi dan kondisi apapun mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan. Yakni, selamat dalam mengasuh jiwa dan raga masing-masing)

Proposal Borang FAI dengan empat prodi siap diajukan ke Kopertais Surabaya (Foto dari Yaomi Tertibi, SH)
Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd (Rektor UNU Blitar), KH. Masdain Rifai Ahyad, Dr. Priyo Handoko, Puji Wianto, M.Pd (Wakil Rektor UNU Blitar), Arif Muzayin Shofwan, Yaomi Tertibi, SH., dan kawan-kawan lainnya. (Foto dari Muhammad Choirul Abidin, S.Pd.I)
 
Foto sama dengan atas (Dari Facebook Dr. Priyo Handoko). Semoga berkah di dunia dan akhirat



Tentang Penulis

Arif Muzayin Shofwan, seorang pria yang memiliki hobi perpetualang dalam samudra dan benua ilmu pengetahuan ini beralamatkan di Jl. Masjid Baitul Makmur Sekardangan RT. 03 RW. 09 Papungan, Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Pria yang kesehariannya belajar, mengajar, diskusi, mengaji, meneliti, menulis, membaca, menyadari, mengamati, mewaspadai, dan berbagai pekerjaan lain yang tak bisa dijelaskan tersebut dapat dihubungi di nomor HP. 085649706399.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar